Agenda Pelaksanaan

Sabtu, 26 Maret 2011 ke SDN SEBAUNG 2
Sabtu, 09 April 2011 ke SDN SEBAUNG 1
Sabtu, 23 April 2011 ke SDN SEBAUNG 3
Kabupaten Probolinggo.. Mohon doanya

Minggu, 27 Maret 2011

Pakai Maskot Unik, Mahasiswa ITS Kenalkan ABeCe



27 Maret 2011 22:57:30 (BERITA ITS ONLINE, WWW.ITS.AC.ID)


Permainan tidak hanya menjadi sarana hiburan bagi anak-anak, tapi terkadang juga sebagai media pembelajaran. Dengan permainan yang dinamakan ABeCe, lima mahasiswa ITS membuat media pembelajaran kosakata bahasa Indonesia dan dilaksanakan di SD Sebaung 2, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/3).

Probolinggo, ITS Online - Dengan menunjuk ke arah spanduk besar yang sudah terpajang di halaman depan sekolah dua minggu lalu, serombongan siswa SD Sebaung 2 berhamburan keluar. Mereka bersorak sorai ketika kelima mahasiswa ITS yang disebut tim ABeCe ini tiba di gerbang sekolah. "Iya, nanti main ya sama kakak, sekarang duduk rapi dulu di kelas masing-masing," terang Muflih Fathoniawan, penanggung jawab tim ABeCe. Selain Toni, sapaan akrabnya, terlibat pula Fajar Mardhi Hutama,  Buhari Muslim, Okki Anugrah Putra dan Chaironi Latif sebagai anggota tim.

Untuk menarik perhatian siswa sekolah dasar ini, saat mempresentasikan permainan ini, anggota tim ini memakai topi unik bergambar lima jari dan tulisan ABeCe. "Kami benar-benar mengkondisikan dengan anak-anak, jadi bahasa bicara kita, tulisan kami, cara berpakaian, hingga nada bicara juga mengikuti mereka," seloroh Toni sembari tertawa kecil. Selain topi, ada juga salah satu anggota tim yang dijadikan maskot, dengan memakai kostum pelangi seukuran tubuh berbentuk huruf 'A'.

Disamping mengenalkan permainan ini, mereka juga mengajari bagaimana jika saat bermain ada kosakata yang tidak diketahui. "Adik bisa lihat buku di perpustakaan, lihat atlas atau tanya bapak ibu guru," kata Chaironi kepada salah satu anak yang kebingungan menjawab. Tak hanya itu, masing-masing siswa juga diminta mempersiapkan selembar kertas untuk mencatat kata apa saja yang tidak tahu, agar di lain kesempatan bisa ditanyakan guru kelasnya.

Toni menjelaskan, media pembelajaran kosakata anak ini adalah salah satu Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang lolos didanai Dikti. Dasar mereka mengangkat ide ini, karena anak seumuran kelas 3 dan 4 adalah masa produktif untuk memperkaya perbendaharaan kosakata mereka. "Sehingga saat beranjak dewasa kelak anak-anak sudah lihai berbicara dengan banyak kosakata yang mereka kuasai," ungkap mahasiswa jurusan Fisika ini.

Sumiati, guru kelas 3 SD Sebaung 2 menyampaikan apresiasi yang baik terhadap media pembelajaran kosakata ini. "Bentuk media pembelajaran berupa permainan memang sangat disukai anak-anak, jadi mudah untuk menyerap kosakata dan pengetahuan-pengetahuan yang baru," ujar Sumiati. Dirinya bersama guru kelas yang lain berinisiatif untuk membimbing siswanya untuk bermain permainan ABeCe ini.

Ditanya mengenai tempat yang jauh dari kampus ITS, Fajar, salah satu anggota tim menjelaskan, kondisi masyarakat desa Sebaung Kabupaten Probolinggo masih belum bisa memakai bahasa Indonesia yang benar. Kebanyakan masih memakai bahasa campuran, Jawa, Madura dan sedikit bahasa Indonesia. Selain itu, mahasiswa jurusan Teknik Kimia menambahkan, bahwa saat menyusun proposal, empat dari lima anggota tim baru diterima di ITS. "Jadi karena keempat anggota masih baru di lingkungan Surabaya dan berasal dari daerah sama, yakni Probolinggo, kami akhirnya memilih Probolinggo karena bisa kami analisa kondisi masyarakatnya," terang Fajar. Meski demikian, pembelajaran kosakata dengan permainan ABeCe juga bisa diterapkan di daerah lain.

Selain SD Sebaung 2, ada dua sekolah dasar lagi yang akan dikunjungi, yakni, SD Sebaung 1 pada Sabtu (9/4) dan SD Sebaung 3 pada Sabtu (23/4). "Kami berharap, dari pelaksanaan permainan ABeCe ini bisa menjadi referensi untuk menanamkan pentingnya kosakata untuk bekal komunikasi di masa mendatang," ujar Toni mengakhiri. (ton/nrf)

SUMBER : WWW.ITS.AC.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menyempatkan komentar ya..