Agenda Pelaksanaan

Sabtu, 26 Maret 2011 ke SDN SEBAUNG 2
Sabtu, 09 April 2011 ke SDN SEBAUNG 1
Sabtu, 23 April 2011 ke SDN SEBAUNG 3
Kabupaten Probolinggo.. Mohon doanya

Senin, 14 Maret 2011

Cara Bermain ABeCe


Permainan ini dilakukan dengan cara :
Salah satu pelaksana menjadi mentor dalam permainan yang tugasnya:
1.             Membawakan acara.
2.             Mengawasi anggota pelaksana.
3.             Koordinasi dengan anggota pelaksana.
Empat pelaksana yang selanjutnya disebut pembimbing ditempatkan di masing-masing kelompok sebagai pembimbing yang bertugas:
1.             Pengawas kelompok kecil.
2.             Membimbing kelompok kecil.
3.             Mencatat kosakata yang sulit dan baru.
-        Acara dimulai dengan pengenalan permainan yang dilakukan bersama-sama oleh mentor dan pembimbing.
-      Selanjutnya mentor membagi siswa dalam satu kelas menjadi empat kelompok kecil yang akan didampingi masing-masing oleh satu pembimbing.
-     Permainan dimulai dengan pemilihan kategori kata. Contohnya : kata-kata benda, kata-kata kerja, nama-nama kota, nama negara, dll.
-                 Setiap kelas mendapat jatah tiga kali perulangan permainan dengan kategori kata yang berbeda.
-       Selanjutnya siswa dalam kelompok kecil meneriakkan “A.. B.. C..  ada aa…pa?!” seraya menunjukkan jumlah jari yang ingin diperlihatkan bersama-sama.
-                 Jumlah jari yang nampak dalam satu kelompok, dihitung bersama-sama secara alphabetis.
-                 Huruf terakhir yang dihitung akan menjadi huruf pertama dalam kata yang harus disebutkan oleh setiap siswa dalam kelompok kecil. Kata yang disebutkan harus sesuai dengan kategori kata yang sudah disepakati bersama pada awal permainan.
-        Seorang siswa cukup menyebutkan satu kata sesuai kategori. Namun, bila ada siswa yang belum  menjawab akan dibantu oleh pembimbing. Pembimbing akan memberi kata kunci yang mengacu pada kata tersebut.
-              Selanjutnya pembimbing mencatat kata-kata yang sulit bagi siswa untuk diuraikan pengertian kata dan penggunaannya pada kalimat di akhir acara.
-                 Pada akhir sesi ini pembimbing akan mengulang kata-kata yang sudah dicatat dan menanyakan pada siswa-siswi apakah mereka sudah mengerti dengan maksud dan makna dari kata tersebut. Bila siswa belum mengerti, maka pembimbing akan menjelaskan. Dengan begini siswa bukan hanya mengenal kata-kata baru tetapi juga mengerti makna dan penggunaannya dalam kalimat bahasa Indonesia.
a)                  Pasca permainan
Setelah melakukan permainan, panitia memberikan hadiah kepada para siswa yang melakukan permainan dengan sedikit kesalahan. Selanjutnya panitia menganjurkan kepada para siswa untuk selalu menyempatkan melakukan permainan ini agar hasil yang diinginkan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menyempatkan komentar ya..